Total Tayangan Halaman

Rabu, 11 Juli 2012

INSTRUKSIONAL MATA KULIAH KDM


                                     SEKOLAH TINGGI
        ILMU KESEHATAN MUHAMMADIYAH GOMBONG


Mata kuliah                  : Kebutuhan Dasar Manusia ( KDM )
Pengajar                       :
Waktu Pertemuan         : 2 x 100 menit Ceramah dan diskusi
                                        2 x 150 menit Demonstrasi
Pertemuan ke                : 1, 2 dan 3, 4
Tanggal                         :

  1. Tujuan Instruksional
1. Umum
                 Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mengetahui tentang   
                 tanda-tanda vital
            2. Khusus
                Mahasiswa mampu :
1.      Menjelaskan fisiologi tanda-tanda vital
2.      Melakukan pengkajian tentang perubahan tanda-tanda vital pada pasien
3.      Memberikan asuhan keperawatan terhadap perubahan tand-tanda vital
4.      Melakukan pengukuran tanda-tanda vital pada pasien

  1. Pokok Bahasan :Pengukuran tanda-tanda vital
  2. Sub Pokok Bahasan :
    1. Suhu tubuh
    2. Denyut nadi
    3. Pernafasan
    4. Tekanan Darah
    5. Prosedur pengukuran tanda vital
              Metode : Ceramah, Diskusi dan demonstrasi
              Media   : Transparan dan OHP, white board, Set Vital sign


  1. Kegiatan Belajar Mengajar

Tahap
Kegiatan pengajar
Kegiatan mahasiswa
Media dan alat
Pendahuluan













Penyajian



































































Penutupan
  1. Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan 1,2,3 dan 4
  2. Menjelaskan manfaat mempelajari materi ini
  3. Menjelaskan tujuan instruksional umum dan khusus



  1. Menjelaskan pengertian vital sign
  2. Menanyakan apa yang diketahui mahasiswa tentang vital sign
  3. Menjelaskan macam-macam vital sign
  4. Menjelaskan tentang fisiologis suhu tubuh
  5. Menjelaskan cara tubuh kehilangan panas sambil berdiskusi dengan mahasiswa
  6. Menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi suhu tubuh
  7. Menjelaskan gangguan terhadap suhu tubuh dan perawatannya, sambil berdiskusi
  8. Menjelaskan tempat-tempat pengukuran suhu tubuh
  9. Menjelaskan tentang fisiologis denyut nadi
  10. Menjelaskan tentang factor-faktor yang mempengarui denyut nadi
  11. Menjelaskan tempat-tempat pengukuran denyut nadi

  1. Menjelaskan fisiologi pengaturan pernafasan dan mekanisme pernafasan
  2. Menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi pernafasan
  3. Menjelaskan fisiologi pengaturan dan mekanisme tekanan darah
  4. Menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi tekanan darah
  5. Menjelaskan tempat pengukuran takanan darah
  6. Mendemonstrasikan cara pengukuran tanda-tanda vital


  1. Memberikan kesimpulan dari yang telah dijelaskan


  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya
  2. Menanyakan kembali kepada mahasiswa tentang materi yang telah dijelaskan
  3. Memotivasi mahasiswa yang lain untuk menanggapi pendapat yang disampaika oleh teman
  4. Merekomendasikan referensi yang harus dipelajari oleh mahasiswa untuk menambah pengetahuan
  5. Menutup pertemuan
Memperhatikan



Memperhatikan



Memperhatikan





Memperhatikan


Memberikan pendapat sesuai pengetahuan yang dimiliki.
Memperhatikan


Memperhatikan


Memperhatikan sambil memberi pendapat


Memperhatikan



Memperhatikan sambil memberi pendapat


Memperhatikan



Memperhatikan


Memperhatikan




Memperhatikan




Memperhatikan




Memperhatikan



Memperhatikan



Memperhatiakn



Memperhatikan


Memperhatikan dan mencoba melakukan dengan teman


Memperhatikan





Menanyakan hal-hal yang kurang jelas


Menjawab pertanyaan yang disampaikan pengajar maupun mahasiswa yang lain
Saling berpendapat






Memperhatikan dan mencatat



















Transparan dan OHP





Transparan dan OHP






















Transparan, OHP dan white board



















Transparan, OHP dan white board








Alat vital sign set dan flowsheet


  1. Evaluasi
    1. Tanya jawab
    2. Demonstrasi secara berpasangan
    3. Menggunakan flowsheet untuk hasil demonstrsi

  1. Referensi :  
    1. Potter and Perry, 1990, Pocket Guide to Basic Skill and Procedurs, St. Louis, The C.V. Mosby company
    2. Kozier Barbara, 1998, Fundamentals of Nursing Concepts, Process and Practise, California, Addison Weshley
    3. Priharjo Roberth, 2000, Pengkajian fisik keperawatan, EGC
    4. Battes Barbara, 1998, Pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan, edisi 2, Alih bahasa : Yasmin Asih, SKp, EGC.   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar